"Semoga blog ini bermanfaat"
RSS

Sabtu, 29 Juni 2013

LASER


A.    PENGERTIAN LASER JET

            Laser (singkatan dari bahasa Inggris: Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari mekanika kuantum.
Sistem laser adalah teknologi manufaktur yang paling maju yang cepat mendapatkan popularitas. Baik itu di industri apa pun, militer, medis, teknik aerospace, otomotif, ruang propulsi atau manufaktur hi-tech, diolah oleh sinar laser memiliki manfaat besar dan merupakan solusi terbaik untuk kebutuhan organisasi dan peralatan manufaktur sebagai presisi pemotongan laser mengarah ke akurasi dan kesempurnaan.

B.     PRINSIP KERJA LASER
Prinsip kerja laser ada 4 yaitu:

1.      Laser welding
Pengelasan laser adalah proses untuk menggabungkan bagian-bagian dari dua komponen dengan energi panas. Energi panas itu dalam bentuk energi elektromagnetik, khususnya dalam bentuk sinar inframerah.

2.      Laser cutting
Laser cutting untuk industri dirancang untuk mengkonsentrasikan jumlah energi yang tinggi ke tempat yang kecil. Biasanya sinar laser cutting berdiameter sekitar 0,003-0,006 inci ketika menggunakan laser dengan panjang gelombang pendek. Energi panas yang dihasilkan oleh laser mencair, atau menguapkan bahan di daerah pengerjaan dan gas (atau campuran) seperti oksigen, CO2, nitrogen, atau helium digunakan untuk membuang bahan yang menguap yang keluar dari goresan. Energi cahaya yang diterapkan langsung tempat yang membutuhkan, meminimalkan panas zonadi sekitar area yang dipotong.
Laser cutting bekerja dengan mengarahkan output dari laser dengan daya tinggi, oleh komputer, pada bahan yang akan dipotong. Bahan akan mencair, terbakar, menguap, atau tertiup oleh jet gas, meninggalkan tepi dengan finishing permukaan yang berkualitas tinggi.
Presisi pemotongan laser lebih populer dan efektif daripada proses pemotongan tradisional. Alasannya jelas, akurasi yang memegang kunci keberhasilan pemotongan presisi laser.
Kelebihan dari pemotongan laser :
         1)      Fleksibel dan cepat tetapi mekanisme hemat biaya.
         2)      Dalam presisi laser cutting , materi tidak bersentuhan dengan alat pemotong.
         3)      Presisi pemotongan laser digunakan untuk berbagai jenis bahan dan  ketebalan.                                                    

3.      Laser drilling
Sistem pengeboran laser menyediakan  lubang yang akurat dengan tingkat presisi yang maksimum dan juga waktu pengerjaan yang sangat cepat. Jika semisal tidak mempertimbangkan kualitas, kemudian melakukan pengeboran sesuai laser yang berdasarkan kebutuhan industri, maka itulah yang menjadi solusi industri manufaktur dalam jangka panjang.

4.      Laser engraver
          Laser engraving adalah praktek menggunakan laser untuk mengukir atau tandai objek. Laser     beroperasi dengan memfokuskan seberkas cahaya, atau laser, di situs menunjuk pada objek untuk memotongnya daripada menggunakan benda padat. Sebuah sistem komputer dengan perangkat lunak grafis vektor juga akan diperlukan. Instruksi diberikan kepada pemotong laser melalui perangkat lunak yang deciphers geometri desain untuk kode mesin CNC numerik. Laser juga dapat mengambil data dari gambar yang dibuat dengan bantuan komputer-aided software desain (CAD). Meskipun kompleksitas ini, ukiran yang sangat tepat dan bersih dapat dicapai pada tingkat tinggi. 
Ada tiga genre utama ukiran mesin:
a.       Yang paling umum adalah tabel XY dimana, benda kerja (permukaan) diam dan laser bergerak di dalam  arah X dan Y gambar vektor . Kadang-kadang benda kerja bergerak di sumbu Y dan laser di sumbu X.

b.   Sebuah genre kedua adalah untuk benda kerja silindris (atau benda kerja dipasang datar di sekitar silinder) dimana laser efektif melintasi sebuah heliks baik on /off  laser berdenyut menghasilkan gambar yang diinginkan pada raster dasar.

c.      Pada metode ketiga, baik laser dan benda kerja yang diam dan galvo mirror memindahkan sinar laser pada permukaan benda kerja. 


C.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LASER
Kelebihan laser :
1.      Terkonsentrasi pada cahaya
Singkatnya, laser yang sangat terkonsentrasi seberkas cahaya, dalam panjang gelombang tertentu. Demikian juga seperti dengan semua cahaya laser dapat dikendalikan dan diarahkan dengan menggunakan cermin dan lensa. Juga laser, menjadi bahwa sebenarnya cahaya, berjalan pada kecepatan cahaya.
2.      Dapat dipakai dalam berbagai intensitas
Laser muncul dalam berbagai intensitas, tergantung pada jumlah energi yang digunakan untuk menciptakannya. Dengan demikian, laser tenaga rendah biasanya digunakan dalam terang menunjukkan dan untuk hal-hal seperti pistol pemandangan yang sangat aman untuk memusatkan perhatian pada tangan. Namun, laser bertenaga tinggi akan cepat memotong kanan melalui tangan seseorang.
3.      Pemotongan bertenaga tinggi
Satu dari banyak menggunakan laser bertenaga tinggi adalah pemotongan. Alasan yang laser membuat alat pemotong yang baik banyak. Pertama, mereka tidak menghasilkan debu seperti pemotong standar lainnya, jadi yang besar untuk memotong di steril, lingkungan kerja bebas debu.
4.      Tidak ada gesekan
Laser juga bekerja sangat baik untuk memotong permukaan yang berkontur akan sebaliknya sangat sulit untuk dipotong dengan pemotongan standar perangkat. Pemotong laser juga tidak menciptakan gesekan dan tidak memerlukan minyak pelumas. Tidak ada gesekan berarti bahwa tidak ada panas yang dihasilkan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada panas panas memotong sensitif situasi.
5.      Material yang hilang sangat sedikit
Pemotong laser juga sangat tepat pemotong yang menghilangkan materi yang sangat sedikit. Dalam banyak situasi manufaktur laser cutter pemotong adalah pilihan karena alasan ini. Pemotong laser juga telah berkembang menjadi instrumen bedah yang dapat dimasukkan ke dalam lubang yang sangat kecil untuk membuat diam-diam operasi pemotongan halus.

Kekurangan laser :
1.      Penyinaran dengan laser biasanya tidak bisa dilakukan hanya sekali melainkan berulang kali. Padahal biaya untuk sekali penyinaran relatif mahal.

2.      Efek samping penggunaan laser yang sering dilaporkan adalah munculnya rasa panas setelah dilakukan penyinaran. Hal ini disebabkan karena paparan sinar laser yang terserap ke jaringan tubuh akan diubah menjadi energi panas sehingga timbul perasaan panas.

3.      Tindakan laser membutuhkan syarat tertentu. Misalnya, di ruang penyinaran sebaiknya tidak terdapat alkohol. Bila sinar laser ini memantul, tak mustahil akan membakar benda atau bagian-bagian yang mengandung alkohol.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas infonya :)

Miliana mengatakan...

nice info makasih yah kak

cara mengempukkan daging dengan cuka

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

:)